24 Juli 2013

Tradisinye Orang Bekasi Sambut Ramadhan dengan Pawai Obor

Bekasi Timur--Bulan Ramadan sudah di depan mata dan semaraknya mulai membahana. Penyambutan bula suci ini dilakukan dengan banyak cara. Orang Bekasi memiliki tradisi pawai obor.

Jumat (28/6) malam, warga Kecamatan Bekasi Timur menggelar pawai obor mengelilingi kawasan Bekasi Timur dengan start dan finish di Kampung Tugu. Kampung Tugu dianggap penuh sejarah pada massa perjuangan.

Ratusan massa, tua-muda tumpah ruah di jalanan. Antusiasme peserta membuat pengguna jalan terkesima dan malah ikut menikmati. Inilah tradisi Bekasi yang dari tahun ke tahun tetap lestari.

Tokoh agama sekaligus anggota DPRD Kota Bekasi dari kecamatan ini, Rosihan Anwar mengatakan, pawai obor bukan bukan sekadar ajang perayaan. "Ini budaya Bekasi. Esensinya adalah menyalakan harapan di bulan suci," kata Rosihan saat mengikuti pawai ini.

Rosihan Anwar menjelaskan, tradisi Islam di Bekasi sangat kental. Wajar saja jika pada hari-hari besar Islam pasti ada acara yang menarik. "Jadi, sebuah tradisi itu pasti membaur dengan masyarakatnya," kata Rosihan.

Mengingat masa kecil

Rosihan sendiri mengaku senang jika ada pawai obor. "Setiap tahun saya ikut. Saya ingin budaya ini tetap dilestarikan," katanya.

Ketika ia kecil, pawai obor adalah acara yang paling ditunggu. "Kami anak-anak kecil bisa berkeliling kampung membawa obor. Kami seolah-olah ingin mengajak kepada siapa pun untuk selalu bergembira menyabut Ramadhan," kenang Rosihan.

Angga, seorang peserta pawai obor mengaku senang dengan acara yang diikutinya tersebut. “Wah seru banget. Baru kali ini saya ikut pawai seperti ini.  Pokoknya asik deh. Jadi pengen pawai obor terus,” kata bocah, kelas 1 SMP tersebut. 
Source : bekasiraya.com

All Rights Reserved PPOB Chip Sakti | Support by CV Multi Access